Breaking News

Selasa, 24 Januari 2017

Contoh Makalah Pemasaran Produk



 
BAB I
Pendahuluan

A.    Latar belakang Perusahaan
ELAP adalah merek saputangan yang berfokus untuk memproduksi saputangan yang murah dan berkualitas serta memiliki variasi desain yang menarik yang menjadi ciri khas produk

B.     Latar belakang produk
Tingginya aktivitas seseorang terutama aktivitas yang dilakukan di luar ruangan (outdoor) serta kebutuhan seseorang akan pembersih anggota tubuh yang kontak langsung dengan hal – hal apapun seperti wajah dan tangan, maka dibutuhkan pembersih yang mudah untuk dibawa dan digunakan. Saputangan ialah pembersih paling umum yang digunakan sehari – hari untuk mengatasi masalah tersebut, mudah dibawa ke mana-mana, dimasukkan saku, dan tas, praktis, dan cocok untuk segala umur

C.    Tujuan
Untuk memenuhi kebutuhan akan saputangan yang berkualitas, murah dan menarik dengan berbagai variasi gambar

D.    Visi dan Misi
Visi
Berkomitmen menjadikan produk saputangan kami sebagai salah satu perusahaan besar dan terkenal yang tumbuh dengan layanan, kepuasan, kualitas, dan kesuksesan yang memuaskan
Misi
1)      Menyediakan saputangan yang murah namun berkualitas
2)      Menyediakan saputangan yang memiliki bahan yang nyaman digunakan
3)      Memiliki desain yang menarik dan variatif

E.     Metode riset
Metode yang digunakan ialah kuesioner langsung menggunakan kertas yang mengandung berbagai pertanyaan tentang tingkat kebutuhan dan alasan menggunakan saputangan


BAB II
Riset
A.    Diagram
DESAIN
Ungu = Tidak penting
Biru = Sangat tidak penting
Hijau = Biasa saja
Merah = Penting
MODEL DESAIN
 
BENTUK
B.     Analisis SWOT
Kekuatan :
      Saputangan adalah alat pembersih atau pengelap keringat yang dapat bertahan lama.
      Mempunyai kemasan yang unik dan menarik.
Kelemahan :
      Sulit meyakinkan konsumen bahwa saputangan lebih efisien daripada tisu.
      Harga relatif lebih mahal.
Kesempatan :
      Belum adanya penjual saputangan di sekitar kampus UIN.
      Jakarta mempunyai suhu yang cukup panas
      Masyarakat banyak yang memiliki aktivitas yang cukup padat
      Tidak adanya merk saputangan yang dikenal masy.
Ancaman :
      Banyak produk tisu yang sudah dikenal.
Kesimpulan Analisis SWOT
Berdasarkan data-data yang telah kami peroleh dari responden  bahwa produk kami memilih untuk memproduksi saputangan berbentuk persegi dan berfokus  kepada model desain dan desain menarik dengan packaging yang menarik.


BAB III
Brand Logo


 

A.    Pemilihan Nama
  Kata ELAP dikenal luas dan mudah diingat
  Slogan “your true handkerchief” menggambarkan tujuan kami menjadikan merek ELAP sebagai pilihan utama setiap orang
B.     Garis dan Warna
  Garis horizontal :
Ø  Memberi sugesti sesuatu hal yang tak bergerak, kuat, konsisten
Ø  Mengisyaratkan ketegasan
  Warna hitam :
Ø  Menunjukkan kesederhanaan (simpel)
Ø  Menciptakan suasana kepercayaan diri
C.    Bentuk dan Jenis Huruf
  Bentuk Huruf
Ø  Huruf E dengan tiga garis terpisah mempresentasikan produk kami yang elegan, eksotis, dan ekslusif
Ø  Huruf E, L, A, dan P dengan ketebalan yang sama dan jarak antar huruf yang kecil menunjukkan kebersamaan, persamaan
  Jenis Huruf
            Penulisan huruf yang simpel, kesan yang ditimbulkan adalah modern dan efisien


BAB IV
Sales and Promotion

A.    Analisis STP ( segmentation, targeting, promotion )
Segmentasi :
       Demografis :
-          Usia remaja hingga dewasa
-          Jenis kelamin laki-laki dan perempuan
                   Geografis :
-          Kota
                   Psikografis :
-          Gaya hidup = yang suka bekerja keras dan banyak mengeluarkan keringat
-          Status sosial = Semua kalangan
Targeting   :
            Elap menargetkan konsumen yang mempunyai banyak aktivitas di bawah teriknya sinar matahari, sehingga mereka lebih membutuhkan produk elap untuk membasuh keringatnya.
Positioning :
            Elap merupakan salah satu dari berbagai jenis saputangan lainnya yang mungkin sudah sedikit dikenal oleh orang banyak, tetapi elap memiliki keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh produsen saputangan lainnya, komposisi elap tebuat dari 100% cotton, sehingga membuat fungsinya dalam mengelap tubuh menjadi lebih lembut, selainn itu elap juga mempunyai variasi gambar yang beragam sehingga dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk membelinya, dan dari hal-hal tersebut kami berharap elap dapat berada di puncaknya.


B.     Strategi Pemasaran :
-          Menemukan target yang tepat
-          Memberi potongan jika membeli 3 elap
-          Mengadakan sosialisasi kepada masyarakat bahwa saputangan lebih ramah lingkungan daripada tisu

C.    Strategi Harga :
            Saputangan                 8.000
            Kemasan                     2.000
                                                ____
                                               10.000
            Untung 30%                4.000
                                                ____
            Harga jual                  14.000

TC = 10.000 x 12.000              = 120.000
BEP = 120.000/14.000             = 8,57
                                                  =  9 saputangan
Pembelian   1 pcs                      =  Rp 14.000,-
                   3 pcs                       =  Rp 36.000,-

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates