BAB I
Pendahuluan
A.
Latar
belakang Perusahaan
ELAP
adalah merek saputangan yang berfokus untuk memproduksi saputangan yang murah
dan berkualitas serta memiliki variasi desain yang menarik yang menjadi ciri
khas produk
B.
Latar
belakang produk
Tingginya
aktivitas seseorang terutama aktivitas yang dilakukan di luar ruangan (outdoor)
serta kebutuhan seseorang akan pembersih anggota tubuh yang kontak langsung
dengan hal – hal apapun seperti wajah dan tangan, maka dibutuhkan pembersih
yang mudah untuk dibawa dan digunakan. Saputangan ialah pembersih paling umum
yang digunakan sehari – hari untuk mengatasi masalah tersebut, mudah dibawa ke
mana-mana, dimasukkan saku, dan tas, praktis, dan cocok untuk segala umur
C.
Tujuan
Untuk
memenuhi kebutuhan akan saputangan yang berkualitas, murah dan menarik dengan
berbagai variasi gambar
D.
Visi
dan Misi
Visi
Berkomitmen
menjadikan produk saputangan kami sebagai salah satu perusahaan besar dan
terkenal yang tumbuh dengan layanan, kepuasan, kualitas, dan kesuksesan yang
memuaskan
Misi
1) Menyediakan
saputangan yang murah namun berkualitas
2) Menyediakan
saputangan yang memiliki bahan yang nyaman digunakan
3) Memiliki
desain yang menarik dan variatif
E.
Metode
riset
Metode
yang digunakan ialah kuesioner langsung menggunakan kertas yang mengandung
berbagai pertanyaan tentang tingkat kebutuhan dan alasan menggunakan saputangan
BAB II
Riset
A.
Diagram
DESAIN
Ungu = Tidak penting
|
Biru = Sangat tidak penting
|
Hijau = Biasa saja
|
Merah = Penting
|
MODEL DESAIN
BENTUK
B.
Analisis
SWOT
Kekuatan :
• Saputangan
adalah alat pembersih atau pengelap keringat yang dapat bertahan lama.
• Mempunyai
kemasan yang unik dan menarik.
Kelemahan :
• Sulit
meyakinkan konsumen bahwa saputangan lebih efisien daripada tisu.
• Harga
relatif lebih mahal.
Kesempatan :
• Belum
adanya penjual saputangan di sekitar kampus UIN.
• Jakarta
mempunyai suhu yang cukup panas
• Masyarakat
banyak yang memiliki aktivitas yang cukup padat
• Tidak
adanya merk saputangan yang dikenal masy.
Ancaman :
• Banyak
produk tisu yang sudah dikenal.
Kesimpulan
Analisis SWOT
Berdasarkan
data-data yang telah kami peroleh dari responden bahwa produk kami memilih untuk memproduksi
saputangan berbentuk persegi dan berfokus
kepada model desain dan desain menarik dengan packaging yang menarik.
BAB III
Brand Logo
A.
Pemilihan
Nama
Kata
ELAP dikenal luas dan mudah diingat
Slogan
“your true handkerchief” menggambarkan tujuan kami menjadikan merek ELAP
sebagai pilihan utama setiap orang
B.
Garis
dan Warna
Garis
horizontal :
Ø Memberi
sugesti sesuatu hal yang tak bergerak, kuat, konsisten
Ø Mengisyaratkan
ketegasan
Warna
hitam :
Ø Menunjukkan
kesederhanaan (simpel)
Ø Menciptakan
suasana kepercayaan diri
C.
Bentuk
dan Jenis Huruf
Bentuk
Huruf
Ø Huruf
E dengan tiga garis terpisah mempresentasikan produk kami yang elegan, eksotis,
dan ekslusif
Ø Huruf
E, L, A, dan P dengan ketebalan yang sama dan jarak antar huruf yang kecil
menunjukkan kebersamaan, persamaan
Jenis
Huruf
Penulisan huruf yang simpel, kesan
yang ditimbulkan adalah modern dan efisien
BAB
IV
Sales
and Promotion
A.
Analisis
STP ( segmentation, targeting, promotion )
Segmentasi
:
Demografis :
-
Usia remaja hingga
dewasa
-
Jenis kelamin laki-laki
dan perempuan
Geografis :
-
Kota
Psikografis :
-
Gaya hidup = yang suka
bekerja keras dan banyak mengeluarkan keringat
-
Status sosial = Semua
kalangan
Targeting :
Elap menargetkan konsumen yang
mempunyai banyak aktivitas di bawah teriknya sinar matahari, sehingga mereka
lebih membutuhkan produk elap untuk membasuh keringatnya.
Positioning
:
Elap merupakan salah satu dari
berbagai jenis saputangan lainnya yang mungkin sudah sedikit dikenal oleh orang
banyak, tetapi elap memiliki keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh
produsen saputangan lainnya, komposisi elap tebuat dari 100% cotton, sehingga
membuat fungsinya dalam mengelap tubuh menjadi lebih lembut, selainn itu elap
juga mempunyai variasi gambar yang beragam sehingga dapat membuat konsumen
lebih tertarik untuk membelinya, dan dari hal-hal tersebut kami berharap elap
dapat berada di puncaknya.
B.
Strategi
Pemasaran :
-
Menemukan target yang
tepat
-
Memberi potongan jika
membeli 3 elap
-
Mengadakan sosialisasi
kepada masyarakat bahwa saputangan lebih ramah lingkungan daripada tisu
C.
Strategi
Harga :
Saputangan 8.000
Kemasan 2.000
____
10.000
Untung 30% 4.000
____
Harga jual 14.000
TC
= 10.000 x 12.000 = 120.000
BEP
= 120.000/14.000 = 8,57
=
9 saputangan
Pembelian
1 pcs = Rp 14.000,-
3 pcs = Rp
36.000,-
Tidak ada komentar :
Posting Komentar